game pubg mobile

Game yang Bisa Dimainkan di Nokia 3.1 Plus

Game PUBG mobile

Nokia 3.1 Plus adalah handphone android one dari Nokia yang ditujukan untuk kelas mid-range dengan harga gadgetnya kisaran 2 jutaan. mengusung RAM sebesar 3GB dan memori internal 32GB. Prosesornya menggunakan Mediatek, seri Mediatek MT6762 Helio P22. Prosesor mediatek yang kalau dipandang dari kacamata pemuja skor antutu, masih kalah jauh dengan prosesor snapdragon. Tapi apakah benar begitu? Saya tidak ingin membandingkannya, hanya ingin menguji kemampuan Nokia 3.1 Plus dengan prosesor mediatek dalam menjalankan atau memainkan game-game mobile.

Game-game yang mau saya coba mainkan di Nokia 3.1 Plus adalah game-game populer saat ini -menurut saya-, seperti… Minion Rush, Mobile legends, FIFA Mobile, Asphalt Extreme, PUBG, dan PES 2019. Minion Rush, Mobile Legends, dan FIFA Mobile ukurannya agak kecil sekitar 100MB kuran-lebih. Sedangkan Asphalt Extreme, PUBG, dan PES 2019 ukuran file-nya di atas 1GB. Saya pikir game-game yang saya pilih untuk coba dimainkan di Nokia 3.1 Plus mewakili game ringan, agak ringan, game menengah, dan game berat. Minion Rush game ringan, Mobile Legends dan FIFA MObile game agak ringan, Asphalt Extreme game menengah, PUBG dan PES game berat.

Minion Rush

Nokia 3.1 plus mampu memainkan game ini dengan sangat lancar, dan suatu keharusan karena jika Nokia 3.1 Plus memainkan game cuma Minion Rush saja tersendat-sendat atau ngelag game-nya, patut dipertanyakan kinerja prosesor dan GPU-nya. Untungnya… game minion rush dapat dilahap dengan sangat gampang dan lanjar jaya sentosa.

Game Minion Rush
Mobile Legends

Game sejuta umat ini juga lancar jaya di jalankan di Nokia 3.1 Plus. Game yang menurut teman saya adalah game ‘tawuran online’, di Nokia 3.1 Plus ini saya tidak menemukan pengaturan untuk grafis atau mungkin saya yang tidak tahu. Jadi saya tidak bisa memaksimalkan sampai grafis yang bagaimana Nokia 3.1 Plus ini bisa mendukung.

Game Mobile Legends – tampilan awal
Mobile Legends – grafis saat permainan
FIFA Mobile

Game FIFA merupakan game besutan EA Sports, nama game-nya mengambil nama yang sama dengan organisasi sepakbola dunia, FIFA. game FIFA lebih dulu tenar lewat game console dan PC. Game FIFA merupakan game sepakbola yang mendapatkan lisensi resmi dari FIFA -Fédération Internationale de Football Association-. Nokia 3.1 Plus mampu dengan lancar menjalankan game ini, tidak ada kendala. Selama saya memainkan game ini, tidak ada kendala nge-lag atau tersendat-sendat sama sekali.

Game FIFA mobile – loading awal
FIFA mobile – grafis saat permainan
Asphalt Extreme

Asphalt Extreme adalah game balap mobil yang merupakan salah satu seri game asphalt yang dibuat oleh Gameloft. Jika Nokia 3.1 Plus mampu menjalankan atau memainkan game ini, kemungkinan juga game-game lain sejenis bisa dimainkan di Nokia 3.1 Plus ini. Game Asphalt extreme besar file game-nya sekitar 1GB, Nokia 3.1 Plus mampu menjalankan game ini dengan lancar tanpa nge-lag atau putus-putus grafisnya saat dimainkan.

Game Asphalt Extreme – loading awal
Asphalt Extreme – menu pengaturan
PUBG Mobile

PUBG -Player Unknown’s Battle Grounds- mobile juga merupakan game dengan file game-nya lebih dari 1GB. Game perang-perangan. Permainan game ini juga sangat komplek, bisa dimainkan bersama-sama secara online. Nokia 3.1 Plus mampu melibas atau memainkan game ini dengan lancar. Frame rate hanya bisa disetting medium, sedangkan grafisnya hanya bisa disetting medium juga, tetapi tidak kelihatan bedanya kok, grafis kelihatan tetap oke, dan game berjalan lancar tanpa lag

PUBG mobile – loading awal
PUBG mobile – grafis saat permainan
PES 2019 Mobile

Kabar buruk untuk penggemar game ini, Nokia 3.1 Plus tidak mampu menjalankan game sepakbola ini dengan lancar. Bisa sih memainkannya, tetapi…. grafisnya payah banget, walaupun setting-an grafis-nya sudah disetting low dan frame rate hanya 30fps, tetap saja payah grafisnya. Saya bisa menjalankan atau memainkan game PES 2019 ini di Nokia 3.1 Plus dengan lancar, tetapi game-nya jadi horror!!! iya… horor… lihat saja kepala, badan, dan kaki pemain sepakbolanya terpisah. Kepalanya melayang, badannya mengikuti, sedangkan kakinya terseret. Serem gak sih melihatnya.

Game PES 2019 – loading awal
PES 2019 – grafisnya horor!
PES 2019 – grafis buruk, badan dan kepala terpisah
Kesimpulan

Nokia 3.1 Plus mampu menjalankan beberapa game berat yang file game-nya lebih dari 1GB, apalagi kalau cuma memainkan game yang file game-nya cuma beberapa MB saja, jelas ngacir banget mainnya, lancar jaya sentosa lah!

Baru game PES 2019 mobile yang tidak sempurna bisa dimainkan, kemungkinan masih ada game lain yang tidak bisa sempurna dimainkan. Kalau pembaca postingan ini punya pengalaman tentang memainkan game pakai Nokia 3.1 Plus, silahkan bisa comment di bawah. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *